knowledge managemen ( P T I )  

Posted by: rafie aza

Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna.
Dalam pengertian lain, pengetahuan adalah pelbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Misalnya ketika seseorang mencicipi masakan yang baru dikenalnya, ia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk, rasa, dan aroma masakan tersebut.
Pengetahuan adalah informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk menindaki; yang lantas melekat di benak seseorang. Pada umumnya, pengetahuan memiliki kemampuan prediktif terhadap sesuatu sebagai hasil pengenalan atas suatu pola. Manakala informasi dan data sekedar berkemampuan untuk menginformasikan atau bahkan menimbulkan kebingungan, maka pengetahuan berkemampuan untuk mengarahkan tindakan. Ini lah yang disebut potensi untuk menindaki.


Pengetahuan terdiri dari
- data
- informasi
- pengetahuan
- pemahaman

KM adalah
penciptaan, penangkapan, pentransferan, pngaksesan, pengetahuan dari informasi untuk membuat keputusan yang lebih baik agar dapat memberikan hasil yang mendukung strategi bisnis

hal-hal penting dari definisi KM
- Menggunakan dan mengambil pengetahuan dari sumber luar
- Menerapkan dan menyimpan pengetahuan dalam proses bisnis baik dalam produk maupun jasa
- Pengetahuan tersimpan di dalam database&dokumen
- Meningkatkan pengembangan pengetahuan melalui budaya organisasi
- Sharing pengetahuan melalui organisasi
- Menilai asset pengetahuan dan dampaknya

Faktor penyebab suatu perusahaan mampu bertahan dan berkembang
- adaptasi cepat
- inovasi terus menerus
- pengambilan keputusan yang tepat

Faktor-faktor perusahaan agar bisa bertahan
- Mampu menyerap dan menggunakan sumberdaya pengetahuan yang dibiliki oleh para anggota dengan efektif
- Memberi ruang yang konduksif bagi setiap individu, antar tim dan antar perusahaan untuk melakukan pengakuisiian, penciptaan, pentransferan dan penggunaan kembali pengetahuan untuk di aktualkan dalam bentuk produk atau jasa yang inofatif

Fungsi KM
- Intermediation = peran perantara transfer pengetahuan antra penyedia dan pencari pengetahuan
- Externalization = transfer pengetahuan dari pikiran ke sistem penyimpanan
- Internallzation = pengambilan data dari sistem penyimpanan eksternal
- cognition = untuk membuat keputusan

Level-level KM
- Level1 = data tersebar di transformasikan keinformasi
- Level2 = data dianalisis dan diterapkan menjadi informasi
- Level3 = data dianalisis dan diterapkan menjadi pengetahuan
- Level4 = data dianalisis dan digunakan untuk membuat orang bijak

Tipe-tipe pengetahuan
- Pengetahuan eksplisit = pengetahuan yang sudah terdokumentasikan
- Tacit knowledge = pengetahuan yang berada dalam pikiran manusia;

Intergrated KM cycle
- Knowledge capture
- Knowledge creation
- Knowledge sharing
- Knowledge application