knowledge managemen ( P T I )
PostedPengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna.
Dalam pengertian lain, pengetahuan adalah pelbagai gejala yang
ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pengetahuan
muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda
atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan
sebelumnya. Misalnya ketika seseorang mencicipi masakan yang baru dikenalnya, ia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk, rasa, dan aroma masakan tersebut.
Pengetahuan adalah informasi
yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk menindaki;
yang lantas melekat di benak seseorang. Pada umumnya, pengetahuan
memiliki kemampuan prediktif terhadap sesuatu sebagai hasil pengenalan
atas suatu pola. Manakala informasi dan data
sekedar berkemampuan untuk menginformasikan atau bahkan menimbulkan
kebingungan, maka pengetahuan berkemampuan untuk mengarahkan tindakan.
Ini lah yang disebut potensi untuk menindaki.
Pengetahuan terdiri dari
- data
- informasi
- pengetahuan
- pemahaman
KM adalah
penciptaan, penangkapan, pentransferan, pngaksesan, pengetahuan dari
informasi untuk membuat keputusan yang lebih baik agar dapat memberikan
hasil yang mendukung strategi bisnis
hal-hal penting dari definisi KM
- Menggunakan dan mengambil pengetahuan dari sumber luar
- Menerapkan dan menyimpan pengetahuan dalam proses bisnis baik dalam produk maupun jasa
- Pengetahuan tersimpan di dalam database&dokumen
- Meningkatkan pengembangan pengetahuan melalui budaya organisasi
- Sharing pengetahuan melalui organisasi
- Menilai asset pengetahuan dan dampaknya
Faktor penyebab suatu perusahaan mampu bertahan dan berkembang
- adaptasi cepat
- inovasi terus menerus
- pengambilan keputusan yang tepat
Faktor-faktor perusahaan agar bisa bertahan
- Mampu menyerap dan menggunakan sumberdaya pengetahuan yang dibiliki oleh para anggota dengan efektif
- Memberi ruang yang konduksif bagi setiap individu, antar tim dan antar
perusahaan untuk melakukan pengakuisiian, penciptaan, pentransferan dan
penggunaan kembali pengetahuan untuk di aktualkan dalam bentuk produk
atau jasa yang inofatif
Fungsi KM
- Intermediation = peran perantara transfer pengetahuan antra penyedia dan pencari pengetahuan
- Externalization = transfer pengetahuan dari pikiran ke sistem penyimpanan
- Internallzation = pengambilan data dari sistem penyimpanan eksternal
- cognition = untuk membuat keputusan
Level-level KM
- Level1 = data tersebar di transformasikan keinformasi
- Level2 = data dianalisis dan diterapkan menjadi informasi
- Level3 = data dianalisis dan diterapkan menjadi pengetahuan
- Level4 = data dianalisis dan digunakan untuk membuat orang bijak
Tipe-tipe pengetahuan
- Pengetahuan eksplisit = pengetahuan yang sudah terdokumentasikan
- Tacit knowledge = pengetahuan yang berada dalam pikiran manusia;
Intergrated KM cycle
- Knowledge capture
- Knowledge creation
- Knowledge sharing
- Knowledge application