PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI(resume part 1)  

Posted by: rafie aza

NAMA : Mochammad Ali Akbar Rafsanjani
nim : 10.41010.0280
kelas : P3

assalammualaikum wr. wb


Sistem informasi : mengelola data fakta mentah menjadi informasi.Sekumpulan orang-orang, hardware, software, jaringan komunikasi dan data yang saling terkait dan bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, dan pengendalian.
Perlunya Teknologi Informasi, karena:
* Kompleksitas tugas manajemen
* Pengaruh gLobalisasi
* Perlunya response time cepat
* Tekanan persaingan bisnis
Sistem Informasi
* Data : fakta mentah.
* Informasi : data yang telah diorganisir sehingga memberi arti.
* Pengetahuan :informasi yang diproses sehingga memberikan pembelajaran, pemahaman untuk dapat diaplikasikan.
Sehingga data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki makna.
Tujuan Teknologi Informasi
* Memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi.

DATA VERSUS INFORMASI

a. Data adalah deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi
(data is the description of things and events that we face).
b. Data bisnis (business data) adalah deskripsi organisasi tentang sesuatu
(resources) dan kejadian (transactions) yang terjadi
(business data is an organization's description of things (resources)
and events (transactions) that it faces).
c. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan
kesatuan nyata. Kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat
tertentu. Sebagai contoh, dalam dunia bisnis kejadian-kejadian nyata
yang sering terjadi adalah perubahan dari suatu nilai yang disebut
dengan transaksi. Misalnya penjualan adalah transaksi perubahan nilai
barang menjadi nilai uang atau nilai piutang dagang. Kesatuan nyata
(fact and entity) adalah berupa suatu obyek nyata seperti tempat, benda
dan orang yang betul-betul ada dan terjadi.
Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari
bentuk tunggal data-item. Data merupakan bentuk yang belum dapat
memberikan manfaat yang besar bagi penerimanya, sehingga perlu suatu
model yang nantinya akan dikelompokkan dan diproses untuk menghasilkan
informasi. Hal tersebut dapat dilihat dalam contoh kasus sebagai berikut ; didalam kegiatan suatu perusahaan, dari hasil transaksi penjualan oleh sejumlah salesman, dihasilkan sejumlah faktor-faktor yang merupakan data dari penjualan pada suatu periode tertentu. Faktur-faktur penjualan tersebut masih belum dapat memberikan informasi yang baik bagi manajemen. Untuk pengambilan keputusan bagi manajemen, maka faktur-faktur tersebut harus diolah lebih lanjut untuk menjadi suatu informasi. Sesudah diolah, akan dapat diperoleh informasi, antara lain mengenai :
a. Laporan penjualan penjualan setiap salesman, yang berfungsi untuk
memberikan besarnya komisi dan bonus.
b. Laporan penjualan setiap daerah, yang berfungsi untuk pelaksanaan
promosi dan periklanan.
c. Laporan penjualan setiap jenis barang, yang berfungsi untuk mengontrol
persediaan barang dan untuk mengevaluasi barang yang tidak atau kurang
laku terjual.


Fungsi Teknologi Informasi
* Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mencari Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission).
Keuntungan Teknologi Informasi
* Speed, Consistency, Precision, Reliability
Teknologi Informasi dalam Berbagai Bidang
* Akuntansi, Finance, Marketing, Produksi atau Manajemen Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia
* Model Bisnis adalah à metode menjalankan bisnis yang memungkinkan perusahaa menghasilkan pendapatan untuk kelangsungan hidupnya. Model menggambarkan bagaimana perusahaan memberi nilai tambah thp produk/jasanya yang bersedia di bayar oleh pelanggannya.
4 Contoh model bisnis :
1. Menawar dengan lelang terbalik à melalui permintaan harga penawaran (request for quote – RFQ), pembeli akan memberitahukan keinginan untuk menerima penawaan dengan harga tertentu, dan penjual akan melakukan penawaran atas transaksi tersebut. Contoh General Electric Coprporation (gxs.com).
2. Pemasaran terafialiasi à adalah kesepakatan yang memungkinkan para mitra pemasaran menempatkan banner iklan untuk sebuah perusahaan dalam disitus web mereka. Tiap pelanggan menekan banner (spanduk) tersebut hingga beralih ke situs pengiklan, dan melakukan pembelian, maka pengiklan akan membayar komisi 3 s.d. 15% ke situs host.
3. Pembelian kelompok à Biasanya perusahaan membayar lebih sedikit perunitnya jika membeli lebih banyak unit. Dengan menggunakan konsep pembelian kelompok, maka pembelian dari beberapa pembeli diagregasi, perusahaan kecil atau bahkan individu dapat memperoleh diskon. Contoh: etrana.com dan usallc.com.
4. Pasar elektronik (e- marketplace)à adalah pasar tempat pembeli dan penjual menegosiasikan harga secara online. Konsep ini memperkenalkan efisiensi operasional untuk perdagangan, dan jika dikelola dengan baik, dapat memberika keuntungan bagi pembeli dan penjual. Contoh : chemconnect.com dalam bidang bahan kimia dan covisint.com dalam industri otomotif.

*Tekanan Bisnis
Tekanan Pasar
Perekonomian global dan persaingan ketat
Perubahan sifat tenaga kerja
Pelanggan yang kuat posisinya

*Tekanan Teknologi
Inovasi dan ketertinggalan teknologi
Luapan informasi

*Tekanan Sosial
Tanggung jawab sosial
Masalah etika
Regulasi dan Deregulasi pemerintah
Perlindungan dari serangan teroris

Sistem Strategis
Fokus kepada pelanggan
Perbaikan berkelanjutan
Restrukturisasi proses bisnis
Penyesuaian pesanan dan massal
Aliansi bisnis
E-business and e-commerce


Sistem Informasi Strategis
Adalah sistem yang membantu perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitif melalui kontribusinya pada tujuan strategis perusahaan dan atau kemampuanya untuk secara significant meningkatkan kinerja atau produktifitas.
Penggunaan Strategis Teknologi Informasi
Teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk mengimplementasikan lima srategi kompetitif dasar dari Porter tersebut. Perusahaan menggunakan sistem informasi strategis, misalnya dengan menggunakan teknologi internet untuk bisnis elektronik dan aplikasi perdagangan.perusahaan melalui pemanfaatan Teknologi informasi untuk meraih peningkatan efisiensi , menciptakan peluang bisnis baru , memelihara hubungan baik dengan pelanggan dan pemasok.
Adapun strategi dasar penggunaan teknologi informasi (TI) dalam bisnis adalah :
Biaya yang lebih rendah
a. Gunakan TI untuk mengurangi secara mendasar biaya proses bisnis
b. Gunakan TI untuk menurunkan biaya pelanggan atau pemasok
Diferensiasi
a. Kembangkan berbagai fitur TI baru untuk melakukan diferensiasi produk dan
jasa
b. Gunakan berbagai fitur TI untuk mengurangi keunggulan diferensiasi para
Pesaing.
c. Gunakan berbagai fitur TI untuk memfokuskan diri pada ceruk pasar yang
dipilih
Inovasi
a. Buat produk dan jasa baru yang memasukkan berbagai komponen TI
b. Kembangkan pasar baru atau ceruk pasar baru yang unik dengan bantuan TI
c. Buat perubahan radikal atas proses bisnis dengan TI yang secara dramatis
akan memangkas biaya, meningkatkan kualitas, efisiensi, atau layanan
pelanggan, atau mempersingkat waktu ke pasar

Sistem Informasi Strategis melalui kemampuannya dapat mengubah cara berbisnis, tujuan, proses, produk, atau hubungan lingkungan untuk membantu perusahaan mendapat keunggulan kompetitif atau mengurangi kelemahan bersaing.
Peluang Berkarir dalam TI
1. Manajer Informasi (Chief Information Officer—CIO) à Tingkat tertinggi dan bertanggung jawab atas perencanaan startegis perusahaan.
2. Manajer pusat informasi à mengelola layanan SI, contoh sebagai help desk, hotline, pelatihan dan konsultasi
3. Manajer pengembangan aplikasi à mengkoordinasikan danamengelola berbagai berbagai proyek pengembangan sistem baru
4. Manajer proyek à Mengelola pengembangan proyek baru.
5. Manajer sistem à Mengelola sistem tertentu yang ada.
6. Manajer operasional à mengawasi operasi rutin pusat data dan komputer
7. Manajer pemrogramn à mengkoordinasikan semua usaha pemrograman aplikasi
8. Analis sistem à perantara pengguna daan pemrogram; menentukan kebutuhan informasi dan spesifikasi teknis untuk aplikasi baru.
9. Programmer sistem

This entry was posted on 21.15 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar