PEMROGRAMAN BERIONTASI OBJECT(PERT 1)
Postedundefined
undefined
NAMA : Mochammad Ali Akbar Rafsanjani
Nim : 10.41010.0280
Assalammualaikum wr.wb.
PENGANTAR PEMROGRAMAN BERIONTASI OBJECT
ALAT atau SOFTWARE yang dibutuhkan :
*Kompiler Java (SDK) = SDK disini adalah Software Development Kit
Contoh: JDK,JRE
*Text Editor = Text editor kita bisa menggunakan Notepad ++
* IDE (Integrated Development Environtment)
i. Dr Java
ii. Eclipse ( lebih kearah pengembangan Andoid )
iii. NetBeans
*Blue J
*Green Foot
OOP (Object Oriented Programming)
Definisi :
Object merupakan suatu formula,benda,system,metode bias terlihat atau tidak terlihat yang mempunyai ciri khas atau identitas yang berbeda / yang membedakan.
--> Mempunyai behaviour atau method berisi data dan method yang terangkan dalam object yang dimana dapat saling berinteraksi atau berhubungkan yang mempunyai suatu desain tidak hanya berisi suatu program
Konsep-konsep pemrograman berorientasi objek dalam Java secara umum sama dengan yang digunakan oleh bahasa-bahasa lain. Jadi kebanyakan konsep yang kita bahas juga terdapat dalam bahasa selain Java. Namun, terkadang terdapat perbedaan-perbedaan kecil antara penerapan konsep-konsep tersebut dalam masing-masing bahasa. Perbedaan-perbedaan ini juga akan dijelaskan seiring penjelasan masing-masing konsep.
Dasar – Dasar Pemrograman Berbasis Object
Abstraction
--> Mengubah atau menterjemahkan suatu hal yang nyata menjadi suatu model.
--> Memilih sebuah data untuk diproses menjadi suatu system informasi atau program
Encapsulation
--> Information hiding (data diletakkan di tempat tersembunyi agar data tersebut aman)
Inheritance
--> Turunan atau pewarisan hubungan dua buah kelas atau lebih.
Sebuah class hanya bisa diturunkan dari 1 induk saja (single parent) sedangkan 1 induk bisa diturunkan ke banyak kelas
Sifatnya --> Sama Persis
Polymorph
--> Terjadi dalam 1 induk diturunkan ke anak – anaknya dimana turunannya mempunyai arti yang beda tetapi mempunyai definisi atau tujuan yang sama
Konsep Class dan Object
Class merupakan blueprint atau template dari object
Object merupakan instance dari class
Contoh :
Karnivora merupakan Class
Object dari Karnivora adalah Macan, Singa, Serigala
Class
Merupakan kumpulan data dan fungsi dalam satu kesatuan untuk tujuan tertentu
*Data
Merupakan constanta (data permanen atau tidak bisa dirubah)
-Atribute
-Variable
-Properti
Merupakan constanta (data permanen atau tidak bisa dirubah)
-Atribute
-Variable
-Properti
*Method
-Operation
-Procedure
-Behaviour
-Function
-Operation
-Procedure
-Behaviour
-Function
Acces modifier ---> private
---> protacted (private tapi boleh diakses turunannya)
---> package (masih boleh akses tapi masi dalam satu folder)
---> public (bole diakses siapa saja)
---> protacted (private tapi boleh diakses turunannya)
---> package (masih boleh akses tapi masi dalam satu folder)
---> public (bole diakses siapa saja)
Wassalammualaikum Wr.Wb.
This entry was posted
on 06.43
.
You can leave a response
and follow any responses to this entry through the
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
.